Kenali Khasiat dan Manfaat Kayu Gaharu

Hai..... ! | Gaharu yaitu jenis kayu yang berwarna kehitam-hitaman dan mengandung resin khas yang biasanya digunakan untuk menghasilkan wewangian. Gaharu semenjak awal kurun moderen (2.000 tahun lalu) telah menjadi komoditi perdagangan dari Kepulauan Nusantara ke India , Persia , Jazirah Arab , serta Afrika Timur.

Kayu Gaharu dalam bahasa Cina sering disebut Chen Xiang. Gaharu yaitu jenis kayu yang berwarna kehitam-hitaman dan mengandung resin khas yang biasanya digunakan untuk menghasilkan wewangian.

Rasa dari herbal ini yaitu tajam dan pahit , bersuhu hangat. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya , yaitu guia dienal , selina-dienal , selina-dienone , selina dienol , minyak atsiri , p-methoxybenzyl aseton , dan agaroterol.

Tanaman ini bekerja pada organ tubuh bagian perut , limpa dan paru-paru. Memiliki khasiat untuk mengatur Qi pada distensi atau adanya tekanan pada bagian abdomen , meredakan nyeri , membantu mengurangi mual , muntah , mengi karena hirau taacuh , serta gejala-gejala asma lainnya.

Bagian yang digunakan yaitu kayu dengan kandungan resin yang telah dikeringkan. Dosis 1-3 gram , standar 1 gram , dimasak kurang lebih 20 menit.

Efek farmakologi kayu gaharu yaitu sebagai antimikroba. Kualitas kayu dapat dilihat dari kecepatan karam dalam air , kalau cantik semakin cepat karam alasannya yaitu kandungan resin yang tinggi (kayu semakin padat). Kontraindikasi , prolaps akhir kekurangan Qi , api dari kekurangan Yin. Penggunaan selama kehamilan di perbolehkan.  Sumber: Kitab Pengobatan Oriental Cina

Belum ada Komentar untuk "Kenali Khasiat dan Manfaat Kayu Gaharu "

Posting Komentar