Manfaat Bangle dalam Seni Pengobatan Cina

Hai..... ! |
Tanaman ini cukup di kenal di Indonesia dengan sebutan bangle atau bengle , dan telah lama digunakan untuk pengobatan.
Manfaat Bangle dalam Seni Pengobatan Cina - Tanaman ini cukup di kenal di Indonesia dengan sebutan bangle atau bengle , dan telah lama digunakan untuk pengobatan. Di Cina dikenal dengan nama Zi Jiang , familia: Zingiberaceae. Bangle merupakan jenis herbal semusim yang hidup di tempat dengan ketinggian 1.300 meter dpl. Bangle tumbuh tegak , tinggi 1-1 ,5 m , membentuk rumpun yang cukup padat , berbatang semu , terdiri dari pelepah daun yang dipinggir ujungnya berambut sikat. Daun  tunggal , letak berseling. Helaian daun lonjong , tipis , ujung runcing , pangkal tumpul , tepi rata , berambut halus , jarang , pertulangan menyirip , panjang 23-35 cm , lebar 20-40 mm , warnanya hijau. Bunganya bunga majemuk , bentuk tandan , keluar di ujung batang , panjang gagang hingga 20 cm. Bagian yang mengandung bunga bentuknya lingkaran telur atau mirip gelendong , panjangnya 6-10 cm , lebar 4-5 cm.

Bangle memiliki rasa yang tidak enak , pedas dan pahit. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya: rimpangnya minyak atsiri (sineol , pinen) , damar , pati , dan tannin.

Kegunaan rimpang: demam , sakit kepala , batuk berdahak , perut nyeri , masuk angin , sembelit , sakit kuning , cacingan , rematik , ramuan jamu wanita setelah melahirkan , mengecilkan perut setelah melahirkan dan kegemukan. Sedangkan bagian daun memiliki kegunaan untuk meningkatkan selera makan , perut terasa penuh.
Bagian yang digunakan: rimpang dan daun. Dosis pemakaian: 10-30 gram rimpang segar direbus. Minum airnya. Untuk pemakaian luar , cuci rimpang segar , haluskan , tambahkan arak dan tempelkan pada bagian yang nyeri.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis: rimpang berbau khas aromatik , rasanya agak pahit dan agak pedas. Mempunyai efek sebagai penurun panas , pembersih darah , peluruh dahak (expektorant) , pencahar , peluruh kentut , dan obat cacing.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Bangle dalam Seni Pengobatan Cina"

Posting Komentar