9 Khasiat dan Manfaat Herba Cakar Ayam

Hai..... ! | 9 Khasiat dan Manfaat  Herba Cakar Ayam - Herba Cakar Ayam (  Selaginella doederleinii Hieron ) merupakan jenis tanaman paku-pakuan ini umumnya tumbuh dan di temukan di tebing , tepi jurang dan lokasi-lokasi teduh yang berhawa dingin. Tumbuh tegak , tingginya 15 – 35 cm , akar keluar pada percabangan , sedangkan batang ada yang berdiri tegak , berbaring dan bercabang menggarpu.  Daunnya kecil-kecil panjang 4 -5 mm , lebarnya 2 hh , berbentuk jorong , ujung meruncing , warna permukaan hijau tua , dan pangkal rata , sedangkan permukaan bawah  hijau muda. Daunnya tersusun rapi pada bagian kiri kanan batang induk hingga di percabangannya , sehingga bentuknya sangat mirip dengan cakar ayam lengkap dengan sisik-sisiknya.

9 Khasiat dan Manfaat  Herba Cakar Ayam

Sifat dan Khasiatnya

Herba cakar ayam memiliki rasa manis , hangat , masuk meridian paru , lambung dan hati. Berkhasiat untuk menghilangkan panas dan lembap. Antitoksik , melancarkan pemikiran darah , penghenti perdarahan ( haemostatik ) , antineoplasma , dan menghilangkan bengkak. Herba cakar ayam memiliki senyawa alkaloid , phytosterol dan juga saponin. Sedangkan bagian yang digunakan  yaitu seluruh tanaman ( herba ) yang telah di keringkan terlebih dahulu.

Khasiat dan Manfaat

Secara umum herba cakar ayam kaya memiliki banyak khasiat dan manfaat , diantaranya :
  1. Batuk , sakit tenggorok
  2. Infeksi susukan napas ( bronchitis ) , radang paru ( pneumonia ) , radang akut amandel ( tonsillitis akut ) radang konjungtiva mata ( konjungtivitis )
  3. Hepatitis akut dan kronis , radang kandung empedu ( kolesistitis ) , pengerasan hati ( sirosis hepatis ) , perut busung ( asites ).
  4. Diare , disentri
  5. Infeksi akut susukan kencing
  6. Patah tulang ( fraktur )
  7. Keputihan ( leukorea )
  8. Kanker : korioepitelioma , koriokarsinoma , kanker nasofaring , kanker paru , dan kanker susukan cerna.
  9. Perdarahan mirip mimisan , muntah darah , batuk darah , berak darah.

Cara Pemakaian

Ambil herba cakar ayam yang sudah di keringkan kurang lebih 15 – 30 g , untuk kanker 50 – 100 g. bahan-bahan tersebut selanjuntya di rebus dalam 5 gelas air dengan api kecil selama 3 – 4 jam. Setelah masbodoh , air rebusan tersebut dapat diminum beberapa kali hingga habis dalam satu hari. Khusus untuk pemakaian luar herba segar di pipis , lalu ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Digunakan untuk pengobatan koreng , rematik , luka berdarah dan patah tulang.

Efek Farmakologi dan Hasil Penelitian

Dari hasil riset menyampaikan bahwa pemakaian herba ini dapat menghambat sarcoma , dan kankaer serviks pada tikus dan sel L , yang di isolasi dari kanker hati insan , menstimulasi fungsi adrenokortikal tikus , sekaligus merangsang metabolism dan fungsi retikuloendotelial.

Contoh Pemakaian :
  • Pneumonia , Tonsilitis akut , konjungtivitis – herba cakar ayam yang sduah kering sebanyak 30 gram , daging sapi tanpa lemak sebanyak 30 gram , kedua bahan tersebut di rebus dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas dengan api kecil lebih kurang 3 jam.  Setelah masbodoh jangan lupa di saring terlebihd ahulu dan di bagai untuk 3 kali minum , yakni pagi , siang dan sore hari.
  • Kanker , Sirosis Hepatis – herba cakar ayam kering , 60 gram , daging sapi tanpa lemak 30 – 60 gram atau beberapa buah kurma , selanjutnya di rebus dengan 5 gelas air bersih selama 4 jam. Disaring beberapa kali sehari hingga habis dalam sehari.
  • Patah Tulang – gunakan herba kering cakar ayam sebanyak 15 – 30 g direbus , lalu di minum. Untuk pemakaian luar gunakan herba cakar ayam yang masih segar , jangan lupa di cuci terlebihd ahulu kemudian di pipis , tempelkan ke bagian tubuh yang mengalami patah kemudian di balut dengan kain steril. Ganti 3 kali sehari.
  • Rematik – ambil herba cakar ayam yang masih segar seperlunya , kemudian di pipis dan di tempelkan ke bagian yang sakit , sambil di balut. Lakukan penggantian 2 – 3 kali sehari.

Catatan :
Tanaman herba ini sudah di kemas dan dibuat dalam bentuk larutan infus , tablet , dan obat rematik di jual dengan merek dagang Decancerlin.

Belum ada Komentar untuk "9 Khasiat dan Manfaat Herba Cakar Ayam"

Posting Komentar