Pala - Tanaman Obat Anti Insomnia

Hai..... ! |
Insomnia (susah tidur ) merupakan jenis gangguan tidur yang berkaitan dekat dengan kuantitas dan kualitas tidur yang tidak terpenuhi  , ini bisa terjadi alasannya ialah aneka macam alasan , mirip efek dari penyalah gunaan obat-obat terlarang , stress berkepanjangan yang berujung pada depresi , atau bisa juga alasannya ialah penyakit tertentu. Menurut aneka macam sumber referensi tidur normal antara 6 – 8 jam , dengan kualitas baik , dan tidak sering terjaga.
Pala - Tanaman Obat Anti Insomnia - Insomnia (susah tidur ) merupakan jenis gangguan tidur yang berkaitan dekat dengan kuantitas dan kualitas tidur yang tidak terpenuhi , ini bisa terjadi alasannya ialah aneka macam alasan , mirip efek dari penyalah gunaan obat-obat terlarang , stress berkepanjangan yang berujung pada depresi , atau bisa juga alasannya ialah penyakit tertentu. Menurut aneka macam sumber referensi tidur normal antara 6 – 8 jam , dengan kualitas baik , dan tidak sering terjaga.

Insomnia juga dibagi menjadi 2 kelompok  berdasarkan waktu terjadinya ,:
  • Bila gangguan tidur ini terjadi pada tengah malam , dimana pada jam 21.00 – 22.00 bisa tidur dengan mudah , dan kemudian terbangun antara jam 24.00 – 02.00 dan tidak bisa tidur kembali. Maka ini bisa dikategorikan sebagai  insomnia yang lumayan berat bahkan bisa juga disebut dengan gangguan jiwa.
  • Bila gangguan ini terjadi antara jam 03.00 – 04.00 , dimana pada waktu tersebut seseorang terbangun kemudian tidak bisa tidur kembali , biasanya insomnia jenis ini dikaitkan dengan keadaan depresi berat.
Nah , untuk mengatasi insomnia yang sifatnya ringan , dan tidak terdapat penyulit , misalnya penyakit tertentu , sebaiknya lebih dulu memulai pengobatan sendiri dengan memanfaatkan tanaman obat , yang secara empiris diyakini bisa mengatasi penyakit inomnia.

Biji dan Bunga Pala

Pala mengadung senyawa kimia myristicin , elimicin , dan safrole sebesar 2 - 18% yang terdapat pada biji dan bunga pala. Pala memiliki sifat menstimulasi berkhayal ( halusigenik ) dengan catatan dosis tidak melebihi 5 gram , mengapa? Karena dosis diatas 5 gram , misalnya mengkomsumsi 8 gram atau lebih akan merubah sifat pala menjadi zat narkotika yang berbahaya , bahkan bisa merenggut jiwa seseorang.

Sedangkan bunga pala dapat digunakan sebagai obat tidur dalam bentuk teh. Setiap 100 g bunga kira-kira mengandung air 16 g , lemak 22 g , minyak yang menguap 10 g , karbohidrat 48 g , fosfor 0 ,1 g , zat besi 13 mg. Warna merah dari fulinya ialah lycopene yang sama dengan warna merah pada tomat.

Cara Membuat Ramuan:

  1. Sediakan buah pala segar 1 biji ( kira-kira 20 g) dikupas kulitnya , dicuci lalu diparut. Hasilnya kemudian diseduh dengan air panas 1/2 gelas dan campurkan madu sesendok makan , aduk , diminum dikala hangat-hangat kuku. Ramuan tadi untuk sekali minum dan sehari bisa minum 1 - 2 kali.
  2. Biji pala kering dengan ukuran 1/4 - 3/4-nya (2 - 4 g) ditumbuk halus , seduh air panas 1/2 gelas , campurkan madu secukupnya. Aduk dan minum selagi hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari silakan minum 1 - 2 kali.
  3. Bunga pala kering sebanyak 1/2 - 1 sendok teh diseduh air panas 1/2 gelas , campurkan madu secukupnya , aduk , lalu minum hangat-hangat. Ramuan untuk sekali minum dan sehari boleh minum 1 - 2 kali.
  4. Demikian cara tradisional mengobati insomnia dengan pemanfaatan tanaman obat yang ada di sekitar kita , supaya bermanfaat. Salam herbal

Belum ada Komentar untuk "Pala - Tanaman Obat Anti Insomnia"

Posting Komentar