5 Tanaman Obat Untuk Atasi Bau Mulut

Hai..... ! |
Bau lisan yang tidak sedap bisa menjadi indikasi bahwa rongga lisan dalam kondisi yang kurang sehat , kebersihan lisan yang terawat akan membuat rongga lisan mudah terkontaminasi kuman dan bibit-bibit penyakit , apalagi jikalau malas menggosok gigi setelah makan.
Jika Anda sering membaca tumpuan perihal banyak sekali tanaman obat melalui banyak sekali media baik offline atau online , mungkin Anda tercengang dikala memperhatikan banyak sekali tumbuhan yang ada disekitar daerah tinggal , tanaman yang biasa dianggap sebagai rumput liar dan tidak ada manfaatnya , ternyata memiliki potensi sebagai tanaman obat dan bisa mengobati banyak sekali penyakit.

Seperti diketahui bahwa tanaman obat dikala ini kian diminati dan sudah menjadi alternatif dalam dunia pengobatan , karena cenderung lebih aman dan sangat minim efek samping , berbeda jikalau Anda menggunakan obat dari bahan kimia yang pastinya memiliki efek samping yang lebih berbahya jikalau digunakan dalam kurun waktu tertentu. Dengan adanya tumbuhan dan tanaman obat , maka insan akan semakin dipermudah dalam penyembuhan banyak penyakit , termasuk bau lisan yang merupakan duduk perkara umum yang dihadapi.

Bau lisan yang tidak sedap bisa menjadi indikasi bahwa rongga lisan dalam kondisi yang kurang sehat , kebersihan lisan yang terawat akan membuat rongga lisan mudah terkontaminasi kuman dan bibit-bibit penyakit , apalagi jikalau malas menggosok gigi setelah makan.

Pada dasarnya ada dua faktor yang diyakini menjadi penyebab dari bau yang kurang sedap dari lisan , pertama , faktor makanan dimana sisa-sisa makanan yang tertinggal di rongga lisan jikalau tidak dibersihkan akan menjadikan bau yang tidak sedap. Kedua , faktor penyakit , umumnya penyakit-penyakit yang menyerang sistem pernapasan biasanya akan menyebabkan bau lisan yang kurang sedap. Seperti penyakit radang sinus (sinusitis) , penyakit tenggorokan dan lain-lain.

Nah , setelah mengenal sekilas perihal penyebab bau lisan , berikut ini 5 tanaman obat yang bisa menyembuhkan dan mengurangi bau lisan yang membandel.

Daun Sirih

Senyawa minyak atsiri yang terdapat dalam daun sirih mengandung seskuiterpen , minyak terbang , pati , diatase , gula , zat samak , dan kavikol yag memiliki efek antikuman (antidesinfektan) antioksidasi , dan fungisida. Melihat efek ini sangat sempurna jikalau daun sirih dapat mengurangi atau menghilangkan bau mulut. Caranya ambil 10 lembar daun sirih segar yang sudah tua , cuci bersih , kemudian rebus pada air mendidih kurang lebih 400 ml , biarkan sampai tersisa separuhnya (200 ml). Kemudian pisahkan 100 ml yang akan digunakan untuk berkumur-kumur pada pagi hari , dan 100 ml yang lain digunakan untuk berkumur-kumur pada malam hari menjelang tidur.

Cengkeh

Cengkeh lebih dikenal sebagai bumbu masak , namun ternyata cengkeh juga dapat mengatasi bau lisan , mengapa demikian? Jawabannya sederhana , karen minyak cengkeh memiliki efek sebagai obat desinfektan (mematikan kuman-kuman penyebab bau mulut) , sehingga minyak cengkeh sering juga digunakan sebagai obat sakit gigi. Caranya rebus sekitar satu genggam cengkeh yang telah dibersihkan terlebih dahulu ke dalam air mendidih sebanyak 400 ml , dan biarkan air rebusan tersisa separuhnya (200 ml). Gunakan 100 ml untuk berkumur-kumur pada pagi hari , dan sisanya digunakan pada malam hari sebelum tidur.

Kunyit

Siapa yang tidak mengenal kunyit , rempa-rempah yang satu ini sangat umum digunakan dalam banyak sekali masakan-masakan di negara-negara Asia , mirip untuk gulai , dan bisa juga dijadikan pewarna alami. Ternyata kunyit juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bau mulut. Caranya cukup mudah Cara membuat ramuannya yaitu. Ambilah 1 buah kunyit sebesar jari manis. Lalu bersihkan dan kupas kulitanya. Setelah itu tumbuk dan campurkan dalam 100 ML air , setelah tercampur lalu air seduannya tadi digunakan untuk berkumur pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Kencur

Kencur (Kaempferia galanga L.) yakni salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Karena mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang tinggi , maka  sangat cocok jikalau tanaman ini dijadikan obat anti bau mulut. Cara membuat ramuannya yaitu sama langkah kerjanya aeperti membuat ramuan pada kunyit.

Jahe

Rasa secara umum dikuasai pedas disebabkan senyawa keton berjulukan zingeron , dan diyakini bisa mengatsi bau mulut. Cara membuat ramuannya merebus sekitar 3 buah jahe sebesar jari manis yang sebelumnya telah dipotong tipis-tipis dan dikupas kulitnya kemudian dibersihkan dibersihkan kemudian rebus pada air mendidih (400ML air/2 gelas). Biarkan dalam rebusan sampai air rebusannya menjadi 200ML/1 gelas. Kemudian airnya tadi dibagi menjadi 2 masing-masing 100ML. 100ML pertama digunakan untuk berkumur pada pagi hari , sementara sisanya untuk malam hari sebelum tidur. Untuk hasil yang maksimal gunakan secara rutin. Atau dapat juga meneteskan hasil perasan air kunyit pada daerah yang bau mulut.

Bagaimana , cukup mudah mendapat bahan sekaligus cara membuat ramuan untuk mengatasi bau mulut? Diperlukan kesabaran dan konsistensi untuk menerima hasil yang dibutuhkan , semoga bau lisan cepat pergi dan tidak datang lagi.

Belum ada Komentar untuk "5 Tanaman Obat Untuk Atasi Bau Mulut"

Posting Komentar