14 Khasiat Tanaman Obat Daun Duduk

Hai..... ! | Herba Daun Duduk nama sinonimnya Hedy triquetrum L dari suku Papilionaceae ( Leguminosae ) , dalam bahasa kawasan di kenal dengan banyak sekali nama diantaranya daun duduk ( Melayu ) , Genteng Cankeng , kicongcorang , potong kujang , sosor bebek , cocor bebek ( Jawa ). Daun duduk mudah di tumbuh pada kawasan dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl , tanaman ini tumbuh liar di tempat-tempat terbuka dengan cahaya matahari yang cukup , serta tidak begitu kering.

14 Khasiat Tanaman Obat Daun Duduk

Spesifikasi Tanaman

Tanaman perdu , tumbuh tegak dan menanjak , tingginya 0 ,5-3 m dengan kaki berupa kayu , batang beruas bundar , bentuk permukaan bernafsu dengan percabangan simpodial , diameter kurang lebih 2 cm , berwarna cokelat. Daun tunggal berseling , berdaun penumpu , tangkai daun bersayap lebar. Bunga majemuk , keluar dari ujung batang , malai , dengan mahkota menyerupai bentuk kupu-kupu , warna putih keunguan , berambut halus , pangkal berdekatan. Buah polong , berambut , berisi 4-8 biji , sewaktu masih muda berwarna hijau , dan saat tua cokelat. Bijinya kecil dengan bentuk piala ginjal warnanya cokelat muda. Perbanyakan tanaman ini dengan bijinya.

Senyawa Kimia

Senyawa kimia yang terdapat dalam daun duduk diantaranya alkaloida hipaforin , tannin , trigonelin , bahan penyamak , asam silikat dan K20 , sedangkan buah daun duduk mengandung saponin , dan flavonoid , sedangkan akarnya mengandung saponin , tannin dan flavonoid.

Sifat dan Khasiat Tanaman Daun Duduk

Herba ini rasanya pahit namun menyimpan banyak khasiat sebagai antipiretik ( pereda demam ) , anti peradangan ( anti-inflamasi ) , paratisida ( pembunuh parasite ) , stomakik ( meningkatkan selera makan ) dan diuretika ( peluruh kencing ). Untuk lebih jelasnya lagi , berikut khasiat dan manfaat daun duduk dimana seluruh bagian tanaman kecuali akar dapat digunakan.
  1. Mengobati radang amandel ( tonsillitis ) , gondongan ( parotitis ) , lelehan nanah ( piorea ).
  2. Mencegah pingsan alasannya ialah udara panas ( heat stroke ) , demam , selesma.
  3. Radang usus ( enteritis ) , disentri.
  4. Radang ginjal akut ( akut nephritis ) , sembab ( edema )
  5. Infeksi cacing tambang ( hookworm ) , infeksi cacing pita di hati
  6. Muntah-muntah pada kondisi hamil
  7. Keputihan akhir trichomonas.
  8. Kurang gizi pada anak-anak
  9. Keracunan buah annas
  10. Sakit kuning ( icterus )
  11. TBC tulang dan kelenjar limfa , multiple abses.
  12. Wasir
  13. Rematik , dan
  14. Scleroderma.

Cara pemakaian

Gunakan herba daun duduk lebih kurang 15-60 g , lalu di rebus kemudian diminum. Untuk pemakaian luar digunakan untuk mengompres infeksi , wasir , sakit pinggang dan pegal-pegal pada kaki dengan herba duduk yang digiling halus.

Beberapa Contoh Pemakaian


Radang Ginjal Akut , Edema
Ambil 60 gram herba daun duduk , dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas. Setelah hambar , disaring dan diminum sekaligus pada pagi hari.
Wasir
Ambil 20 gram daun segar , dicuci bersih kemudian di rebus dengan 1 gelas air selama kurang lebih 15 menit. Setelah hambar jangan lupa disaring , hasil saringan tersebut diminum sekaligus , coba lakukan setiap hari hingga wasirnya sembuh.
Disentri
Ambil herba daun duduk yang masih segar sebanyak  30 gram , di cuci lalu digiling halus. Seduh dnegan menggunakan ¾ cangkir air panas , biarkan selama 15 menit. Jangan lupa tambahkan garam seujung sendok the sambil diaduk hingga larut. Peras dan saring , kemudian dalam keadaan hangat diminum sekaligus.
Muntah Pada Kehamilan
Ambil herba daun duduk sebanyak 30 gram , dicuci lalu di potong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah hambar jangan lupa di saring dan di bagi untuk 3 kali minum pagi , siang dan sore hari masing-masing 1/3 gelas.

Notes
Bila herba ini di tambahkan pada ikan asin dan daging , dapat melindungi makanan tersebut dari serbuan lalat dan belatung.

Belum ada Komentar untuk "14 Khasiat Tanaman Obat Daun Duduk"

Posting Komentar